Cara Aman Mengobati Radang Tenggorokan Anak

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak - Saat anak sakit, orang tua mana yang tak khawatir. Mau memberikan obat takut tidak cocok dan malah menimbulkan efek samping buruk.

Seperti misal anak sakit radang tenggorokan. Apalagi jika anak kita masih balita, jelas mau mengungkapkan sakitnya mereka tak bisa. Karena itu pinter-pinternya Moms sebagai orang tua memahami kesakitan anak kita. Apa benar mereka sakit radang tenggorokan?

Lantas bagaimana cara mendeteksi sakit tenggorokan pada anak? Simak terus sampai bawah ya Moms, akan kami berikan solusi pengobatannya juga.

Cara Paling Aman Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Yang perlu Moms ketahui adalah, radang tenggorokan pada anak-anak biasanya banyak disebabkan oleh disebabkan oleh infeksi bakteri.

Gejala sakit tenggorokan pada umumnya adalah:
  • Sensasi sakit atau gatal di tenggorokan
  • Rasa sakit saat menelan atau berbicara
  • Suara serak
  • Demam
  • Batuk
  • Hidung meler
  • Bersin
  • Pegal-pegal
  • Pada anak, disertai amandel yang memerah
Ciri diatas bisa juga ciri radang tenggorokan pada anak 2 tahun.
Seringnya, radang tenggorokan karena bakteri ini terjadi pada anak-anak usia 5-15 tahun, tapi orang di segala usia juga bisa terserang sakit tenggorokan.

Tak hanya pada orang dewasa, radang tenggorokan juga bisa dialami anak. Ketika anak mengalami radang selain sakit ketika menelan, tanda-tanda radang tenggorokan pada anak bisa juga berupa tenggorokan terasa kering dan gatal, disertai sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot.

Memang radang tenggorokan termasuk penyakit yang kedengarannya sepele, tetapi kerap menyerang anak-anak maupun orang dewasa, meski terdengar sepele, radang tenggorokan adalah penyakit yang sangat mengganggu. Terlebih jika Anda sedang berada pada aktivitas sehari-hari.

Radang tenggorokan dan infeksi amandel ini banyak dialami anak-anak usia sekolah. Sekitar 85% radang tenggorokan pada anak sering kali terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya menyebabkan batuk ataupun pilek.

Pada bayi yang masih rentan, Radang tenggorokan yang menyerang bayi bisa disebabkan oleh virus flu yang umum menyerang di musim hujan.

Saat Si Kecil terkena penyakit yang satu ini, rasa tidak nyaman pada tenggorokan akan membuatnya malas makan. Padahal nutrisi yang tepat dan cukup sangat dibutuhkan agar ia cepat sembuh.

Nah, sebelum berobat ke dokter, coba manfaatkan bahan-bahan di dapur. Inilah 6 cara alami untuk mengobati radang.

Kalau ada alternative home remedies atau obat alami, tidak ada salahnya dicoba dibuat sendiri di rumah.

Cara Aman Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak dengan Bahan-bahan Alami

Nah, berikut beberapa cara alami yang dapat Moms lakukan sebagai sarana pengobatan radang tenggorokan pada anak.

1. Menggunakan Madu dan Lemon

Fungsi Lemon dapat membantu melancarkan pencernaan dan sumber vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kalau madu memberikan lapisan ada tenggorokan sehingga Si Kecil bisa makan dengan lebih nyaman. Selain itu madu manis, jadi akan disukai Si Kecil.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, satu sendok makan madu memiliki efek lebih baik untuk meredakan radang tenggorokan, dibanding dengan obat batuk.

Cara Menggunakan Madu dan Lemon untuk Meredakan Radang Tenggorokan

> Campur 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan lemon.
> Hangatkan campuran dan berikan pada Si Kecil cukup 1 sendok teh.
> Sisanya simpan dan berikan 2-3 kali dalam sehari.

Cara ini digunakan mengobati radang tenggorokan pada anak 1 tahun keatas dan tidak boleh diberikan pada anak yang berusia kurang dari 1 tahun ya, Moms.

2. Menggunakan Garam dan Air

Campuran garam dan air adalah salah satu cara alami yang sudah digunakan sejak zaman dulu untuk meredakan radang tenggorokan. Bagi Moms yang belum tahu, garam dapur itu berfungsi sebagai anti bakteri!

Cara menggunakan garam dan air untuk meredakan sakit radang tenggorokan

Campur air hangat dan tambahkan setengah sendok teh garam. Minta Si Kecil untuk berkumur dengan campuran tersebut sebanyak  5-6 kali dalam sehari.

3. Konsumsi Pisang

Kenapa pisang? Ya karena punya tekstur lembut dan tidak mengandung asam. Karena itu, pisang cocok untuk tenggorokan Si Kecil yang sedang sensitif. Pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Menggunakan Jahe

Hampir mirip dengan garam, Jahe mengandung anti bakteri tapi plus anti inflamasi yang membantu meredakan nyeri di tenggorokan. Telah dilakukan penelitian juga yang menunjukkan ekstrak jahe dapat membantu membunuh bakteri penyebab penyakit.

Cara menggunakan jahe untuk meredakan sakit radang tenggorokan.

Buat minuman hangat dengan jahe. Jika anak merasa jahe terlalu pedas, bisa ditambahkan madu atau gula sebagai pemanis.

5. Menggunakan Bawang Bombay

Bawang Bombay tidak hanya digunakan untuk penyedap masakan. Ada kandungan alami anti bakteri dan antiseptik yang terdapat dalam bawang bombay. Bawang bombay adalah jus untuk radang tenggorokan pada anak yang aman.

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak dengan jus Bawang Bombay

> Jus Bawang Bombay
> Berikan 1 sendok teh Bawang Bombay yang sudah diolah menjadi jus pada Si Kecil saat pagi hari ketika perutnya masih kosong.
> Pilihan lain adalah mencampur jus bawang dengan segelas air dan minta Si Kecil berkumur dengan campuran tersebut.

6. Bawang Putih

Seperti Bawang Bombay, bawang putih juga memiliki kandungan anti bakteri.

Cara menggunakan Bawang Putih untuk meredakan radang tenggorokan

Hancurkan beberapa buah bawang putih, kemudian rebus dalam air mendidih selama 10 menit. Saring rebusan tersebut dan berikan pada Si Kecil untuk diminum.

Jika Dengan 6 Bahan Alami Diatas Tak Juga Reda, Mungkin Moms Bisa Mencoba ini. 5 Obat Radang Tenggorokan Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotik

Tambahan:

Jika ada Yogurt, Anda bisa memberikannya ke anak Moms.

Dengan mengonsumsi yogurt, bakteri baik dalam tubuh akan bertambah, sehingga proses penyembuhan tubuh akan berjalan lebih cepat.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, berikan yogurt pada Si Kecil dan biarkan selama 30 menit. Hindari memberinya makanan dan minuman lain selama periode tersebut.

Hal ini akan membantu bakteri baik bekerja lebih maksimal dan membuat tenggorokan Si Kecil menjadi lebih nyaman.

Nah, selamat mencoba ya Moms, semoga Si Kecil lekas sembuh ya Moms!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel