Daftar Makanan agar Cepat Kontraksi

Mungkin ada yang mengalami saat jadwal melahirkan sudah sesuai tapi tidak kunjung kontraksi. Agar tidak terus kepikiran, lakukan teknik untuk merangsang persalinan. Seperti makan makanan agar cepat terjadi kontraksi.

Selain itu, apa saja yang mesti dilakukan?

Daftar Makanan agar Cepat Kontraksi dan Ibu Hamil Cepat Melahirkan dengan Sehat

Ilustrasi makanan sehat untuk bumil via pixabay.com

Salah satunya adalah mengubah pola makan untuk menyiapkan diri menghadapi persalinan agar lancar. Mengubah pola makan juga disebut-sebut bisa membantu kita  (ibu hamil) menyiapkan tubuh untuk kontraksi.

Banyak mitos yang beredar tentang makanan penyebab kontraksi pada ibu hamil. Makanan pedas bagus untuk merangsang kontraksi agar bayi cepat lahir. Lantas para ibu hamil berusaha mencari makanan lain yang dapat membuat bayi segera jebrol. Apa benar ada makanan memancing kontraksi agar cepat melahirkan?

Ada studi menyebutkan makanan pedas dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon prostaglandin melalui proses pencernaan. Hormon ini akan memicu kontraksi pada rahim.

Ada juga makanan yang memicu kontraksi usus besar, dan usus besar dapat membantu menginduksi kontraksi rahim. Tapi makanan apa agar cepat kontraksi?

Memang ada makanan bumil agar cepat kontraksi, dan beberapa makanan ini akan membantu merangsang kontraksi saat kamu akan melahirkan. Diantaranya seperti telur, pisang, jeruk, susu dan produk olahan susu sejenisnya, brokoli dan lain-lain.

Namun sesuai dengan kondisi tubuh, berhati-hatilah agar makanan-makanan ini tidak menimbulkan gangguan pencernaan pada tahap akhir kehamilan. Karena memang ada beberapa Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil.

Baca: Apa boleh puasa saat hamil muda?

Jenis Makanan agar Cepat Kontraksi yang Baik untuk Ibu Hamil dan Bayi

Makan makanan supaya cepat kontraksi, ini yang dapat Mam lakukan untuk merangsang timbulnya kontraksi. Contoh, Jus buah segar dan sebaiknya langsung dikonsumsi setelah dibuat agar bakteri tidak berkembang biak dalam jus tersebut.

Artikel terkait: Makanan Penyubur Kandungan
Kabarnya agar proses persalinan lebih cepat serta Agar Mama bisa sampai merasakan kontraksi atau bahkan siap melahirkan, diperlukan konsumsi nanas dalam jumlah yang sangat banyak! Meskipun begitu, tak melulu makan nanas saja ya Bunda. Bunda perlu terus mengonsumsi makanan bernutrisi agar lebih siap secara fisik untuk melalui proses persalinan.

Trik cepat kontraksi rahim agar lebih efektif serta membantu proses persalinan menjadi lebih mudah dan lancar salah satunya adalah dengan makan makanan agar cepat kontraksi.

Kenapa ini penting? Karena, agar proses persalinan cepat dan lancar, kontraksi harus terjadi dengan kuat. Kontraksi, memang bisa dipicu dengan makanan.

Mungkin ini dapat memicu Anda supaya cepat melahirkan. Berikut adalah jenis-jenis zat gizi yang diperlukan untuk meningkatkan elastisitas dan kekuatan kontraksi otot rahim, seperti:

1. Makanan yang Mengandung Protein

Protein bisa didapatkan dari daging, telur, ikan dan masih banyak yang lainya.

a. Telur

Sudah bukan rahasia kalau telur adalah satu makanan sehat dan paling bergizi karena mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dan nutrisi otak. Nah, protein bisa didapat dari mengkonsumsi putih telur, karena putih telur mengandung protein murni tanpa lemak. Sebutir telur terdapat 6g protein plus 78 kalori.

b. Daging sapi dan Dada ayam

Daging sapi yang minim bahkan tanpa lemak memiliki kadar protein yang tinggi. Daging sapi 85 ons yang di masak dengan lemak 10%  mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

Untuk daging ayam kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori.

c. Ikan tuna

Ikan tuna banyak mengandung protein serta rendah lemak dan kalori. Ikan tuna mengandung nutrisi yang kaya lemak omega 3. Dalam 1 ons daging ikan tuna terdapat 30 gram protein dan 157 kalori.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin B1

Banyak makanan alami yang mengandung vitamin B1 antara lain seperti gandum. Gandum utuh yang diperkaya vitamin B1 seperti sereal, roti, dan pasta.

Selain itu Vitamin B1 bisa juga didapatkan dari biji bunga matahari, kacang polong, sayur dan buah-buahan seperti kembang kol, jeruk, dan kentang.

Catatan penting:
Agar vitamin B1 dapat diserap secara maksimal, jangan minum teh atau kopi saat makan makanan sumber vitamin B1. Karena, teh dan kopi yang mengandung tanin, dapat mengganggu penyerapan vitamin B1.

3. Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sebenarnya sangat banyak makanan yang mengandung vitamin E. Kali ini obatterbaik.com menyebutkan 5 jenis makanan yang mengandung vitamin e.

a. Alpukat

Setengah potongan alpukat terdapat 2 mg vitamin E. Bisa disajikan dalam bentuk jus, atau dimakan langsung, bisa juga dimakan dengan roti tawar.

b. Tomat

Tomat mengandung kalium, vitamin A, dan vitamin E serta rendah kalori. Sajikan dalam bentuk jus tomat, karena secangkir jus tomat setara dengan satu mg vitamin E.

c. Bayam

Bayam tak hanya mengandung vitamin E, terdapat pula kandungan vitamin dan mineral penting lainnya yang diperlukan tubuh.

d. Brokoli

Brokoli ini memang istimewa. Mengkonsumsi secangkir rebusan brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan harian tubuh.

e. Mangga

Mangga adalah buah yang kaya vitamin, serta kalium dan serat. Satu cangkir jus mangga mengandung 1,5mg vitamin E.

4. Makanan yang Mengandung Kalsium

Banyak makanan yang mengandung kalsium, tapi dibawah ini obatterbaik memilih 3 makanan yang mengandung kalsium tinggi dan baik untuk ibu hamil.

a. Susu

Pada dasarnya semua jenis susu adalah sumber kalsium yang sangat baik, tapi lebih baiknya pilih susu yang rendah bahkan tanpa lemak.

Dalam hal ini susu sapi dan kambing maupun produk olahannya adalah sumber kalsium terbaik.
Kalsium pada susu sapi sangat tinggi antara 276 hingga 352 mg, tergantung jenisnya, apakah susu rendah lemak, susu sapi biasa atau yang bahkan tanpa lemak.

Sedangkan untuk susu kambing, kandungan kalsium dalam satu cangkirnya diperkirakan sebanyak 327 mg. Untuk manusia normal, jumlah ini setara dengan 27–35 persen dari kebutuhan kalsium harian.

b. Yoghurt

Yoghurt juga mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu yoghurt juga mengandung bakteri probiotik hidup yang baik untuk tubuh dan berfungsi untuk menjaga metabolisme.

Seperti halnya susu yoghurt yang mempunyai kandungan kalsium tinggi adalah yang rendah lemak. Kandungan kalsium dalam satu cangkir yoghurt sebanyak 45 persen dari kebutuhan kalsium harian yang disarankan untuk manusia normal.

c. Keju

Yang ketiga adalah keju, baik mozarella, cheddar, dan parmesan, merupakan sumber makanan berkalsium tinggi. Diantara banyak jenis keju, yang mengandung kalsium tinggi adalah keju parmesan.

Kandungan dalam 30 gram keju parmesan terdapat kalsium sebanyak 330 mg, dimana setara dengan 33 persen asupan kalsium harian.

5. Makanan yang Mengandung Seng (Zn)

Jika dirinci, banyak sekali makanan yang mengandung seng atau zink, antara lain daging merah, telur dan aneka produk olahannya, hati, serta beras merah dan masih banyak lagi. Kita paparkan 5 makanan yang mengandung seng tinggi.

a. Daging dan Hati Sapi

Jika dibandingkan antara daging dan hati sapi. Maka kandungan seng paling tinggi adalah dalam hati sapi. Hati sapi mengandung 4,25 mg/100 g mineral zinc, kandungan ini tentu saja lebih besar dari dagingnya.

Namun memang daging sapi tak hanya sumber seng, masih banyak zat baik yang terkandung dalam daging sapi seperti protein hewani yang baik, zat besi, fosfor, vitamin B12, B6 dan B5.

b. Unggas (bebek, Itik, Angsa)

Kandungan seng dalam daging angsa berkisar sekitar 3,10 mg/100 g.

c. Beras merah

Kemudian makanan ke empat yang mengadung seng tinggi adalah beras merah. Dalam tiap 100g beras merah mengandung sekitar 2,2 mg mineral zink atau seng.

d. Pisang

Pisang, selain mudah dikonsumsi ternyata pisan ini juga merupakan sumber seng tinggi lho. Dalam 100 g pisang, terdapat hingga 32mg kandungan seng.

6. Makanan yang Mengandung Magnesium

Berikut adalah rincian kandungan magnesium yang terdapat di beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil.

Pertama adalah biji-bijian terutama Biji Labu Kuning yang mengandung 534mg magnesium dalam setiap 100g biji labu kuning.

Kedua adalah sayur-sayuran hijau terutama bayam. Dalam setiap 100g bayam terdapat kandungan Magnesium dalam setiap 79mg.

Ketiga adalah beras merah, beras merah mempunyai kandungan Magnesium dalam setiap 100g ada 44mg magnesium.

Keempat adalah susu rendah lemak. Dalam setiap 100g susu Low Fat terdapat 19mg magnesium.

Makanan kelima yang mengandung kadar magnesium tinggi adalah buah Alpukat dimana dalam setiap 100g alpukat terdapat 29mg kandungan magnesium.

7. Makanan yang Mengandung Kalium

4 makanan dengan kandungan kalium tinggi;

a. Kentang

Terdapat kandungan kalium sekitar 542mg dalam kentang yang berukuran sedang.

b. Pepaya

Pepaya, buah yang mudah didapat ini mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu 264 mg untuk potongan sekitar 2,5 cm.

c. Kurma

Lebih besar dari kadar kalium dalam pisang, satu butir buah kurma memiliki kandungan kalium sebesar 167 miligram. Selain itu kurma juga kaya serat.

d. Kacang-kacangan

Dalam ukuran satu cangkir kacang putih terdapat hingga 1.189 mg kalium. Kalau kacang kapri satu cangkirnya terdapat 707 miligram kalium. Kemudian kacang kedelai memiliki kandungan kalium 970 mg dalam satu cangkirnya.

Nah, Bunda selama masa kehamilan, kebutuhan zat gizi Bunda harus terpenuhi dengan baik agar otot-otot rahim mampu berkontraksi secara optimal, baik sebelum, selama, dan setelah proses persalinan. Semoga dapat menambah wawasan Bunda semua yang sedang menjalani masa kehamilannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel