Minuman dan Makanan yang Menyebabkan Sakit Gigi

makanan yang menyebabkan sakit gigi
Copyright obatterbaik.com

Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang putih, bersih dan sehat. Akan tetapi terkadang kita lupa untuk membersihkan gigi saat di pagi hari dan sebelum tidur.

Hal itu akan membuat kuman pada gigi bersarang di mulut dan dapat menimbulkan gigi kita menjadi kuning, mulut bau dan menimbulkan berbagai macam penyakit gigi dan mulut lainnya.

Apalagi kalau yang kita konsumsi baik minuman atau makanan tersebut termasuk makanan yang memicu sakit gigi. Memang ada daftar makanan dan minuman penyebab sakit gigi? Jawabnya ada.

Karena itu hati-hati ketika Anda sudah rajin sikat gigi, berkumur, dan rutin cek ke dokter gigi tapi masih saja mengonsumsi makanan penyebab sakit gigi.

Sakit gigi sangat mengganggu aktifitas seseorang seperti susahnya berbicara karena gigi ngilu, makan minum jadi sakit, mudah hilang konsentrasi karena menahan rasa sakit, bahkan lebih parah sakitnya sampai ke kepala.

Oke, yang kita bahas adalah makanan penyebab sakit gigi.

Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi

1. Minuman Bersoda dan Minuman Beralkohol

Sering orang salah paham mengatakan bahwa minuman beralkohol sama dengan minuman yang ada sodanya. Padahal, kedua minuman ini tidak sama.

Faktanya minuman bersoda yang seperti minuman ringan ternyata lebih berbahaya dari minuman beralkohol.

Definisi Minuman Bersoda

Melansir Pop Sugar, air berkarbonasi/bersosa adalah air yang mengandung larutan karbon dioksida. Tentu beda donk dengan kandungan alkohol.

Obatterbaik.com tidak membahas lebih lanjut, langsung diberikan contoh saja.

Contoh Minuman Beralkohol dan Bersoda


  1. Minuman beralkohol seperti Bir, Wine, dan sejenisnya, biasanya ada tulisan kandungan alkohol berapa %.
  2. Minuman bersoda seperti ya Coke, Coca cola, Sprite, Fanta dan sejenisnya.
Nah, kedua minuman diatas tidak baik untuk kesehatan gigi. Rasa asam dan karbonasi yang terdapat pada soda sangatlah buruk untuk kesehatan gigi kita. Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat mengakibatkan erosi  dan pembusukan pada gigi. 

2. Teh dan Kopi


Masyarakat Indonesia dikenal memiliki kebiasaan rutin mengkonsumsi teh hangat di pagi hari dan kopi hitam saat di malam hari.

Nyatanya Teh dan Kopi yang kita konsumsi setiap pagi dan malam dapat menimbulkan noda pada gigi.

Kandungan asam tannic yang ada pada teh dan kopi dapat mempengaruhi enamel gigi. Gula yang ada pada teh kopi ternyata mampu membuat gigi kita berlubang. 

3. Acar

Siapa yang mengira, ternyata acar masuk sebagai makanan penyebab sakit gigi. Acar sering kita jumpai di warung nasi goreng, bakmi, mie ayam, capjay.

Sayangnya, sayuran yang menjadi pelengkap hidangan ini memiliki kandungan asam cukup tinggi karena cuka.

Rasa asam itulah yang dapat mengurangi mineral pada gigi dan kandungan gula pada acar mampu membuat gigi menjadi berlubag.

4. Selai Kacang 

Selai kacang  dikenal sebagai selai paling enak dan favorit untuk disantap bersama dengan roti di pagi hari.

Jika tidak ingin alami sakit gigi sebaiknya kamu wajib mengurangi konsumsi selai yang satu ini. Satu sendok selai kacang ternyata memiliki dampak negatif untuk kesehatan gigimu.

5. Gula 

Pernahkan kalian menjumpai kue putri salju? 
Iya kue yang bertabur gula halus berwarna putih seperti salju ini sangatlah berbahaya jika dikonsumsi terus - menerus. Gula yang ada pada putri salju pasti akan menempel pada gigi.

Gula yang menempel seketika akan muncul menjadi bakteri dan merubahnya menjadi asam. Zat asam tersebut akan langsung merusak enamel gigi dan menyebabkan pembusukan hingga gigi berlubang.

6. Es Batu

Padahal cuma es Batu bagaimana bisa merusak gigi? Mengkonsumsi minuman dingin secara berlebihan dapat merusak email gigi sehingga gigi menjadi lebih sensitif dan rentan retak.

Jadi kesimpulannya masih boleh minum minuman dingin disertai es batu, tapi jangan berlebihan.

Ada juga penyebab sakit gigi yang lain selain makanan, misal ditinggal pacar dan lain - lain hehe.


Yang bawah sebagai hiburan saja ya. Nah memang banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi dan diantaranya memang ada beberapa jenis makanan penyebab sakit gigi. 

Karena itu hati-hati ketika Anda sudah rajin sikat gigi, berkumur, dan rutin cek ke dokter gigi tapi masih saja mengonsumsi makanan penyebab sakit gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel