Apa Saja Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Slogan 4 sehat 5 sempurna rasanya zaman sekarang sudah nggak di dengung-dengungkan seperti dulu ya.

Apakah 4 sehat 5 sempurna masih berlaku di zaman milenial seperti sekarang ini. Tahun 2020, dimana remaja lebih suka makanan yang dimakan youtuber, makan-makanan pedas dan aneh-aneh (bagi orang seumuran saya).

Tapi ya nggak cuma remaja, gaya hidup orang zaman sekarang kan maunya memang yang instan dan praktis.

Urusan makan, nggak usah ribet tinggal order online, bersih-bersih order online, cuci ada laundry yang ambil sendiri. Jadinya ada yang diuntungkan juga, banyak jasa berkembang karena orang-orang malas gerak seperti itu. Seperti gojek, laundry yang jemput bola, semakin banyak perusahaan delivery, dan masih banyak jasa lain.

Oke balik ke bahasan 4 sehat 5 sempurna. Apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna?

Ingatan saya waktu masih SD yang masih segar sampai saat ini.

Kala itu ada gambar di buku SD bahasa Indonesia, dengan tulisan "4 sehat 5 sempurna".

Gambarnya ada sayur mayur sama buah telur dan susu. Ada buah pepaya yang dipotong separo, kemudian kacang-kacangan seperti kacang panjang, kecipir, lalu ada telur, sama tempe. Ada dagingnya juga, namun yang saya ingat yang kala itu bisa saya makan sehari-hari. Kalau daging itu sudah makanan mewah saat itu buat saya. Sayang bukunya sudah menghilang entah kemana.

Di zaman itu masih seru pokoknya, belum ada gadget seperti sekarang. Mainnya ke sungai, panjat pohon juwet, main layang-layang, buat gua-gua an, intinya banyak hal menyenangkan lah. Wah ngelantur jadinya, hehe.

4 Sehat 5 Sempurna dan Contohnya

4 sehat 5 sempurna
4 sehat 5 sempurna @obatterbaik.com

Jadi kalau di sebutkan 4 sehat 5 sempurna ini antara lain. 4 nutrisi penting yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, lalu yang kelima adalah susu.

Namun slogan ini sudah jarang sekali saya dengar.

Apakah 4 Sehat 5 Sempurna Masih Berlaku?

Iseng saya coba browsing. Ketemu sebuah artikel di kompas.com yang dipublikasi pada 2013, bahwa konsep "4 sehat 5 sempurna" memang slogan jadul yang dikenalkan pada masyarakat sejak tahun 1955. Itu kan tahun kelahiran ibu saya. Pantas saja, anak zaman sekarang mana ngerti tentang 4 sehat 5 sempurna.

Lebih detail tentang contoh makanan 4 sehat 5 sempurna apa saja bisa lihat gambar di bawah ini.

Makanan pokoknya seperti nasi, jagung, roti, kentang, umbi-umbian (ketela pohon atau ketela rambat).

Lauk pauknya ada ikan, kemudian daging sapi, daging ayam, udang dll.

Contoh sayur mayur banyak sekali mulai tomat, kecipir yang saya sebut diatas, wortel, bayam, brokoli, banyak lagi lainnya. Sama halnya seperti buah-buahan banyak sekali jenisnya.

4 sehat 5 sempurna dan contohnya

Remaja zaman sekarang, lebih tertarik dengan gambar dan video makanan di instagram daripada makanan-makanan rumahan yang lebih alami diolah tanpa bahan pengawet.

Karena itu obatterbaik.com mau mengangkat lagi tentang 4 sehat 5 sempurna agar generasi zaman sekarang sadar kesehatan, dan tak melulu memikirkan gengsi dan gaya.

Apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna? Mengapa kita harus makan 4 sehat 5 sempurna? Apa perbedaan 4 sehat 5 sempurna dan gizi seimbang? Apa saja yang termasuk makanan sehat?

Baca Juga : Makanan yang Menyebabkan Sakit Gigi

Intinya gambar diatas sudah cukup menjelaskan dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan minuman. Pokoknya yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin.

Pertanyaannya,

Apakah 4 Sehat 5 sempurna saat ini masih digunakan sebagai standart?

Nah, iseng-iseng mencari ketemu nih, artikel di sebuah website kesehatan yaitu hellosehat.com. Diulas sebuah judul bahwa 4 sehat 5 sempurna ini sudah ketinggalan zaman.



Di editorial oleh dr. Tania Savitri, intinya dijelaskan bahwa 4 sehat 5 sempurna sudah tidak dipakai dan Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan penggantinya, yaitu prinsip gizi seimbang.

Pedoman prinsip gizi seimbang ini dikeluarkan pemerintah pada tahun 2014 dan sampai saat ini belum banyak orang yang tahu.

Lalu apa alasannya diganti?

Alasan pertama, adalah bukan hanya melulu dari makanan kita bisa sehat. Jadi slogan 4 sehat 5 sempurna ini kurang tepat. Ada beragam cara bila Anda ingin hidup sehat, seperti rutin olahraga, mengatur porsi makan, memantau berat badan secara teratur, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Alasan kedua, susu tidak wajib ada. Sebab susu memiliki kandungan yang sama seperti lauk.

Alasan ketiga, dalam prinsip 4 sehat 5 sempurna tidak ada aturan seberapa banyak porsi makan dalam sehari. Padahal ini juga penting, untuk menghindari obesitas dan tentu penyakit.

Alasan keempat, prinsip gizi seimbang menganjurkan makan-makanan yang bervariasi. Sedangkan prinsip 4 sehat 5 sempurna agak monoton.

Yang kelima adalah tidak adanya anjuran minum air mineral. Padahal ini penting.

Nah, karena ini Kementrian Kesehatan menyempurnakan slogan 4 sehat 5 sempurna menjadi prinsip gizi seimbang. Semoga menjadi pengetahuan baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel