Jenis-jenis Bed Pasien (Tempat Tidur Pasien) di Rumah Sakit

tempat tidur pasien di rumah sakit

Ada yang belum pernah datang ke rumah sakit?

Semoga tidak sampai ya, meski sekedar menjenguk, menunggu saudara, apalagi kita sendiri yang sampai rawat inap.

Kali ini obatterbaik.com, tidak membahas obat-obatan. Tapi kita akan mereview bed pasien atau tempat tidur di rumah sakit.

Tempat tidur pasien di rumah sakit ini ada beberapa jenisnya.

Jenis-jenis Bed Pasien atau Tempat Tidur Pasien di Rumah Sakit

Fungsi bed pasien ini tentu saja sebagai tempat istirahat pasien selama menjalani rawat inap di rumah sakit.

Terdapat beberapa macam/jenis bed pasien. Dari cara kerjanya bed pasien di rumah sakit bisa dibagi menjadi 3.

1. Tempat Tidur Rumah Sakit Manual

Jenis tempat tidur pasien yang pertama ini adalah murni manual, sama sekali tidak ada rangkaian otomatisasi elektrik.

Meski manual, ranjang pasien ini masih tetap bisa di atur-atur antara posisi kepala, punggung dan kaki. Caranya dengan memutar crank/engkol searah atau berlawanan dengan jarum jam.

Jenisnya ada 3.

A. Ranjang Pasien Satu Engkol/Crank

Ranjang pasien dengan satu engkol ini biasanya hanya bisa mengatur posisi di bagian kepala. Ada satu engkol yang dapat digunakan untuk mendongakkan keatas atau kebawah. Tempat tidur pasien ini paling simple, biasanya ada di kamar kelas 3.

B. Ranjang Pasien Dua Engkol/Crank

Tempat tidur pasien manual dengan dua engkol mempunyai fungsi untuk mengatur posisi kepala dan kaki. Tempat tidur rumah sakit 2 engkol biasanya ada di kamar kelas 2.

C. Ranjang Pasien Tiga Engkol/Crank

Jenis ini adalah yang paling lengkap, bisa mengatur posisi kepala, punggung, dan kaki. Tapi juga masih manual, tanpa ada otomasi listrik sama sekali.

Meskipun demikian, ini cukup berguna. Karena crank kedua bisa digunakan untuk mengatur tinggi tempat tidur. Sehingga kalau pasien mau turun, misal ke toilet, dll, akan lebih mudah.

2. Tempat Tidur Rumah Sakit Semi Otomatis

Ada tipe tempat tidur pasien yang manual tapi dibantu sistem kelistrikan, tapi tidak sepenuhnya. Yang satu ini dinamakan semi-otomatis.

Ranjang pasien semi otomatis ini biasanya terdapat 2 crank manual untuk mengatur posisi kepada dan kaki. Dan satu tombol yang otomatis untuk mengatur bagian punggung atau tinggi rendahnya tempat tidur.

3. Tempat Tidur Rumah Sakit Otomatis

tempat tidur rumah sakit otomatis

Jenis tempat tidur rumah sakit otomatis yang terakhir ini adalah teknologi terbaik pada zaman ini. Sebenarnya sama saja dengan ranjang pasien manual, yaitu bisa mengatur tinggi rendahnya posisi kepala, punggung, dan kaki.

Jenis ranjang pasien otomatis ini, banyak sekali indikator sehingga kalau Anda yang awan pasti bingung.

Kelihatan ada beberapa angka, seperti untuk mengukur tinggi tempat tidur, kemudian berfungsi sebagai timbangan badan juga. Maybe ada pengukur suhu.

Artikel rekomendasi kami : Makanan 4 sehat 5 sempurna

Menurut saya kesimpulan nya adalah semua punya fungsi masing masing. Jadi seperti ranjang pasien manual mulai dari satu crank sampai tiga crank.

Satu crank bisa digunakan untuk pasien dengan perawatan jangka pendek dan sakitnya tidak terlalu parah. Intinya ranjang rumah sakit manual ini dimungkinkan untuk merawat pasien dengan jangka rawat inap pendek ataupun kelas kamar 2 dan 3.

Nah, untuk yang otomatis, selain memang ada di kelas kamar VIP, biasanya digunakan untuk menangani pasien dengan kondisi tertentu.

Diman terkadang petugas harus mengatur tinggi rendahnya posisi pasien untuk keperluan perawatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel